Kamis, 03 Januari 2013

Zat Berbahaya Yang Ada di Dalam Kosmetik

Zat berbahaya di kosmetik yang akan saya bahas kali ini ada 3, yaitu zat pewarna, merkuri, dan hidrokinon. Pertama, kita bahas tentang zat pewarna . 

Zat Pewarna 

Zat pewarna biasanya digunakan untuk kosmetik yang memerlukan warna, seperti eye shadow, lipstik, dan eyeliner. Zat pewarna juga ada yang berbahaya lhoo . Salah satunya Rhodamine B. Jenis ini memang sering ditemukan dalam kosmetik yang masuk kategori berbahaya. Yang perlu kita tau, rhodamine b ini sangat berbahaya bagi kita apabila mengenai kulit, terhirup, mengenai mata, dan tertelan. Akibatnya bikin ngeri, yaitu berupa iritasi saluran pernapasan, iritasi ku;it, iritasi mata, iritasi saluran pencernaan, dan kanker hati.

Merkuri

Produk kosmetik yang menggunakan merkuri, biasanya menjanjikan wajah putih dalam waktu singkat. Menggunakan secara rutin dalam waktu seminggu, wajah akan langsung bersih. Padahal mereka nggak tau, merkuri dalam krim pemutih akan menimbulkan keracunan bila digunakan dalam waktu yang lama. Kenapa merkuri berbahaya? Merkuri akan diserap melalui kulit, lalu dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh, kemudian mengendap di ginjal. jadi bisa menyebabkan gagal ginjal . Selain itu, merkuri juga bisa mengakibatkan gangguan sistem saraf seperti tremor (gemetar), insomnia, pikun, gangguan penglihatan, gerakan tangan tak normal, gangguan emosi, dan depresi. 

Hidrokinon 

Hidrokinon pada kosmetik berguna untuk memutihkan atau mencerahkan kulit. Selain itu menjadi bahan pengoksidasi pewarna rambut dan penghambat polimerisasi dalam lem untuk kuku artifisial (kuku palsu). Hidrokinon ini berbahaya karena dapat mengakibatkan iritasi kulit, serta kulit menjadi merah (eritema) dan terasa terbakar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar